Candi Penataran

     Candi Penataran terletak di Penataran, Nglegok, Blitar, Jawa Timur, Indonesia.Candi Penataran merupakan candi yg kaya akan relief &struktur bangunan bergaya Hindu Adanya pahatan Kala (Raksasa Menyeringai), Arca Ganesha (Dewa Ilmu Pengetahuan dalam mitologi Hindu), Arca Dwarapala (Patung Raksasa penjaga pintu gerbang) & juga relief Ramayana bukti tak terbantahkan bahwa candi Penataran Ialah Candi Hindu
     Prasasti Palah yg terdapat di area Candi Penataran Mengabarkan bahwa candi ini mulai dibangun sekitar Abad ke 11-12, Pada masa pemerintahan raja Syrengga yg memerintah Kerajaan Kadiri, dan selesai pada masa Kerajaan Majapahit. Dengan demikian Candi Ini melewati masa 3 kerajaan besar Nusantara yaitu Kadiri, Singasari & Majapahit. Candi tersebut merupakan tempat pengangkatan para RAJA dan juga sebagai upacara Pemujaan Sang Pencipta.
     Berbagai Kajian Para Sejarawan terhadap teks-teks kuno, Kitab Negarakertagama yg ditulis Mpu Prapanca misalnya, dijelaskan bahwa CANDI PENATARAN sangat dihormati oleh para Raja &Petinggi Kerajaan di JATIM. Candi Penataran Pernah Menyimpan abu Ken Arok Pendiri Kerajaan Singasari, & juga abu dari Raden Wijaya Pendiri Kerajaan Majapahit, Bahkan Menurut Legenda Sumpah Sakral Mahapatih Gajah Mada untuk menyatukan Nusantara dalam Kekuasaan Majapahit, Yg dikenal dengan nama ''Sumpah Palapa" dilakukan di Candi Penataran.
    Dalam pahatan relief terkuak bahwa sejarah nenek moyang kita pernah melakukan infasi hingga Amerika dgn mengalahkan bangsa Indian & juga sempat berperang melawan Suku Maya. Mereka kemudian menguasai wilayah tersebut, Pada relief lain juga digambarkan beberapa bangsa lain seperti Han (China), Campa, Maya, Yahudi & Mesir tunduk pada leluhur kita.
    Selain Itu terkuak juga bahwa Candi Penataran Merupakan Candi terbesar di JATIM, itu terkait dgn berdirinya Kerajaan Majapahit.

0 comments:

Post a Comment

linkwithin_text='Artikel Menarik Lainnya:' Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...