Pelatihan Senam Otak Gafatar

           Surakarta, Organisasi Gerakan Fajar Nusantara ( GAFATAR ) sebagai Organisasi Kemasyarakatan yang bergerak dibidang sosial, budaya dan Ilmiah. Gafatar memiliki visi " Terwujudnya tata kehidupan bangsa dan negara yang damai sejahtera, beradab, berkeadilan dan bermartabat dibawah naungan Tuhan Yang Maha Esa melalui penyatuan nilai-nilai luhur bangsa, peningkatan kualitas ilmu dan intelektualitas serta pemahaman dan pengamalan nilai-nilai universal agar menjadi rahmat bagi semesta alam ".

           Dalam rangka mewujudkan visi tersebut Gafatar Surakarta DPC Kartosuro bekerja sama dengan Posyandu di Kecamatan Baki & Gatak, Sukoharjo menyelenggarakan Pelatihan Senam Otak untuk anak-anak balita. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan rutin bulanan di setiap Posyandu. Kegiatan dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun, semata-mata sebagai wujud kepedulian & perhatian dari Organisasi Gerakan Fajar Nusantara ( GAFATAR ) dalam rangka mewujudkan generasi penerus bangsa yang memiliki sembilan karakter yakni Jujur, Berani, Tegas, Adil, Cakap, Berintegritas, Cerdas, Bijaksana & Sehat.
           Senam Otak pada dasarnya berupa mengaktifkan otak kiri dan otak kanan secara optimal dengan melakukan gerakan-gerakan secara menyilang melewati bagian tengah secara teratur untuk beberapa waktu sehingga diharapkan terjadi harmonisasi antara otak kiri dan otak kanan. Pada usia produktif senam tersebut akan lebih mengaktifkan otak kiri dan kanan secara optimal, tidak ada batasan usia mulai dari anak balita sampai mereka yang berusia lanjut. Adapun manfaat gerakan senam otak adalah :
  1. Bayi akan memiliki kemampuan otak yang optimal 
  2. Dia akan memiliki kepribadian yang baik, rileks, dan hidupnya terhindar dari stress
  3. Di masa sekolah anak-anak akan cepat menyerap berbagai pelajaran dengan baik, lebih mudah berkonsentrasi, punya daya ingat yang tinggi, dan tidak mengalami kesulitan dalam belajar
  4. Kelak anak akan tumbuh dengan penuh percaya diri dan terhindar dari berbagai masalah seperti Diseleksia dan Disfraksia.
          Senam Otak harus dilakukan dalam keadaan sehat dengan suasana yang gembira dan menyenangkan, Jika memungkinkan diiringi dengan lagu klasik atau lagu yang berirama lembut. Berikut contoh gerakan senam otak pada bayi :
  1. Sentuhan Pada Dahi, dilakukan dengan sentuhan dan elusan lembut menggunakan jari jemari didahi bayi ( diatas kedua matanya ). Usap kearah kiri kanan dan sebaliknya. Sentuhan ini dapat mengalirkan darah dari Hipotalamus menuju otak bagian depan.
  2. Sentuhan pada pipi, dilakukan sentuhan dan elusan lembut dipipi kiri dan pipi kanan secara bergantian, tepatnya disekitar geraham atas dan geraham bawah.
  3. Sentuhan Pada Telinga, dilakukan dengan sentuhan dan usapan lembut dibagian pinggir daun telinga kiri dan kanan secara bergantian. Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk melakukan usapan mulai dari ujung atas daun telinga turun sepanjang lengkungan telinga dan berakhir dibagian cuping telinga. Lakukan pula sebaliknya mulai dari bawah atau cuping telinga.
  4. Sentuhan pada Dada dan Pusar, dilakukan dengan sentuhan dan elusan lembut dibagian Dada dengan salah satu tangan, tepatnya dibagian sisi kiri dan kanan tulang tengah, sedangkan salah satu tangan lainnya mengelus pusar.
  5. Gerakan mengaktifkan Tangan. Salah satu tangan anak direntangkan lurus keatas agar sekat rongga dada terbuka lebih lebar, dilakukan secara bergantian dengan tangan yang satunya.
  6. Gerakan angka delapan tidur. Posisi bayi terentang badan diluruskan, tangannya dituntun dan digerakkan ke arah kiri dan kanan membentuk angka delapan.
          Kegiatan ini tepatnya dilakukan di Posyandu Dahlia 1 dan Dahlia 3 di Desa Duwet, Baki, Sukoharjo pada setiap minggu pertama. Di Kecamatan Gatak pelatihan diselenggarakan di Posyandu Mayang. Peserta Posyandu sangat antusias dengan adanya pelatihan ini.
           

            

1 comment:

  1. Salam Kenal ya...

    Artikelnya menarik dan bermanfaat banget kalau boleh tau nie... ada g baju senam wanita khusus yang digunakan?

    Thnks ya... & sukses selalu.... :)

    ReplyDelete

linkwithin_text='Artikel Menarik Lainnya:' Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...