Penemuan fosil Dinosaurus pertama di Bumi

           Para peneliti menemukan fosil Dinosaurus yang diduga adalah Dinosaurus pertama yang ada di muka Bumi ini. Kemungkinan Dinosaurus ini hidup sekitar 245 juta tahun yang lalu atau sekitar 10-15 juta tahun dari fosil Dinosaurus sebelumnya. 
            Dinosaurus ini diberi nama Nyasasaurus parringtoni. Nama Nyasasaurus diambil dari nama Danau Nyasa ( Danau Malawi ) yang merupakan penemuan fosil tersebut. Sedangkan nama Parringtoni diambil dari nama Rex Parrington ( Peneliti Cambridge University ) yang mengumpulkan spesimen disebuah situs dekat Danau Malawi pada tahun 1930-an. Dinosaurus tersebut berukuran sebesar Anjing Labrador.
            Paul Barret ( London Natural History Museum ) mengatakan, " Fosil yang berada di London ini telah dipelajari oleh para peneliti sejak 1950-an. Tetapi, tidak pernah ditemui sebuah kesimpulan untuk diterbitkan. Dinosaurus itu masih menjadi misteri. Bahkan, ada yang menganggap hewan tersebut merupakan hewan mitos. "
            Namun, setelah peneliti membandingkan dengan sampel temuan fosil yang sama di Iziko South African Museum, Cape Town, para peneliti meyakini bahwa hewan tersebut adalah Dinosaurus. Dari fosil itu, ditemukan jaringan tulang pada bagian lengan atas yang menunjukkan adanya pertumbuhan yang cepat. Selain itu, ditemukan juga fitur yang dikenal sebagai deltopectoral crest yang ada pada bagian otot lengan atas dan ini hanya dimiliki DINOSAURUS.
             Kemungkinan Dinosaurus ini dapat berdiri tegak dari ujung kepala hingga ekor. Nyasasaurus juga memiliki panjang kira-kira 2-3 meter dan berat hingga 20-60 kilogram. Menurut Sterling Nesbitt ( University of Washington ), Jika Dinosaurus ini bukan Dinosaurus pertama, setidaknya dia Dinosaurus yang saat ini diidentifikasi sebagai Dinosaurus pertama dimuka Bumi. 
            


Sumber : Viva.co.id

0 comments:

Post a Comment

linkwithin_text='Artikel Menarik Lainnya:' Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...