Mengapa huruf " E " selalu ada di bagian atas di Tabel Test Mata

         Prof. Hermann Snellen ( Berkebangsaan Belanda ) adalah penemu dari Tabel Test Mata. Sebenarnya, pada awal pembuatan Tabel Test Mata ini ( 1982 ) huruf teratas adalah huruf " A ". Berikut cerita lengkap mengapa huruf " E " di posisi teratas Tabel Test Mata :
        Snellen yang pada waktu itu menggantikan Dr. Frans Cornelis Donders, sebagai Direktur Rumah Sakit Mata ( Netherlands Hospital for Eye Patients ). Ia sedang berusaha membuat tes standar untuk mendeteksi ketajaman penglihatan, untuk mengukur seberapa kecil gambar yang bisa ditangkap oleh mata. Dr. Donders yang menciptakan formula rumit pada 3 garis sejajar. Dari semua huruf abjad huruf " E " yang paling dekat dengan bentuk garis. Maka, Snellen berkonsentrasi pada perhitungan matematis kelima huruf berikutnya.
         Louanne Gould ( Instrumentasi Cambridge ) mengamati bahwa huruf " E " berbeda dengan huruf lainnya yang terbuka ( huruf " L " atau huruf " U " ), karena pengamat nantinya harus bisa membedakan bidang yang putih & hitam ( Kunci Ketajaman Penglihatan ). Jika penglihatan kurang tajam maka huruf " E " akan terlihat seperti huruf B, F, P dan lain-lain. Karena itulah Snellen mengganti huruf " A " menjadi " E " pada tabel test mata.

Semoga Informasi diatas bermanfaat bagi sobat semua. 
Terima kasih telah mengunjungi blog ini.
        

0 comments:

Post a Comment

linkwithin_text='Artikel Menarik Lainnya:' Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...